Tips dan Trik Memilih Travel Agent Terpercaya

Comments · 316 Views

Tips dan Trik Memilih Travel Agent Terpercaya

Maraknya berbagai penipuan online yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab, berdampak menurun pula tingkat kepercayaan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi secara online.

Terutama penipuan yang sering terjadi dalam dunia pariwisata yang sering mengatasnamakan paket perjalanan super murah seperti open trip, sharing cost, tiket murah dan berbagai iming-iming lain yang membuat calon wisata tergiur dan tanpa ragu langsung mentransfer dana ke orang yang bersangkutan.

Sebelum tergiur dengan iming-iming murah dan tidak jelas, Salsawisata biro perjalanan dan wisata berbagi tips dan trik dalam memilih agent perjalanan wisata terutama di Lombok agar membuat perjalanan Anda menjadi Aman, nyaman dan menyenangkan.

Pastikan Terdapat Izin Resmi

Untuk Travel Agent terdapat 2 bentuk badan usaha yang bisa dijadikan sebagai salah satu indikator penilaian bahwa travel tersebut resmi dan telah terdaftar. Yang pertama dalam bentu CV dan PT serta memiliki TDP (tanda daftar perusahaan) dan TDUP (tanda daftar usaha pariwisata) yang dikeluarkan oleh dinas perizinan setempat. Dan biasanya izin ini bisa dilihat di profil perusahaan yang tertera di website atau proposal penawaran travel tersebut.

Tool Review dan Penghargaan

Ini adalah langkah yang sering digunakan oleh para pengguna internet sebelum memastikan membeli produk atau jasa tersebut. Tool review adalah suatu aplikasi atau platform yang berfungsi sebagai laporan langsung dari konsumen yang pernah mengunjungi atau menggunakan produk/jasa tersebut, biasanya mengenai penjelasan baik atau buruknya suatu produk, jasa, lokasi wisata, hotel, travel, restaurant, dan perusahaan. Anda dapat langsung melihat ulasan dari para konsumen. Tool review ada berbagai macam seperti : Tripadvisor, Google review, Fanspage. Serta dapat Anda lihat langsung berapa banyak rating Travel tersebut. jika tips dan trik no 1 dan no 2 ini tidak ada maka perusahaan tersebut perlu dipertanyakan.

Memiliki Rekening Perusahaan

Selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah rekening perusahaan. Travel yang resmi pasti memiliki rekening perusahaan atas nama CV atau PT tersebut. karena untuk membuat rekening perusahaan pihak perbankan wajib mengecek terlebih dahulu apakah perusahaan tersebut sudah memiliki kelengkapan administrasi atau belum. Jika belum lengkap pihak perbankan tidak akan membuat rekening perusahaan. Oleh karena itu penting untuk dilihat sebelum transfer, apakah itu akan ditransfer ke perusahaan atau ke individu, karena perusahaan yang resmi pasti akan memiliki tanggung jawab yang tinggi juga.

Website Dengan Design Elegan dan Konten yang Bermanfaat

Di era teknologi yang serba canggih seperti sekarang ini, sudah tentu website menjadi bagian yang seakan tidak terpisahkan dari travel agent. Mintalah alamat website travel tersebut, lalu coba Anda kunjungi dan lihat konten websitenya bermanfaat dan sering melakukan update atau kadang tidak bisa diakses sama sekali. Jika website suatu travel memiliki tampilan yang tidak bagus dengan konten yang tidak bermanfaat, tentu itu juga akan menjadi pertimbangan Anda dalam memilih travel.

Memiliki Bukti Bahwa Travel Tersebut Sudah Sering Menerima Tamu

Point yang kelima ini tidak jauh berbeda dari point ke 2 (Tool Review) biasanya para travel agent yang terpercaya pasti memiliki beberapa bukti yang bisa dijadikan untuk mendorong tingkat kepercayaan para konsumen, misalnya para tamu yang berfoto dengan memegang banner yang bertulis travel tersebut, serta memiliki guest comment yang bagus.

Read more
Comments